ikan gurami merah

gurami merah

Home » Cerita Wirausaha » ikan gurami merah

ikan gurami merah

Monday, September 5th 2011. | Cerita Wirausaha

Senyum Merekah Hasil BudidayaIkan Gurami Merah Padang (Hias)

Oleh Alam Syah

gurami

gurami merah

Siapa sangka, ikan gurami merah yang lezat dimakan itu ternyata memiliki potensi bisnis yang menggiurkan. Jika ikan gurami yang biasa kita makan itu harganya berkisar sekitar 60 ribu per kilogramnya, maka ikan gurami yang satu ini harganya bisa mencapai 300 ribu per kilogramnya. Ikan gurami yang tidak biasa ini disebut dengan ikan gurami merah, sesuai namanya badannya memang berwarna merah dan karena banyak terdapat di Padang maka namanya ikan gurami merah padang. Ikan gurami merah banyak dikoleksi sebagai ikan hias karena warnanya yang indah. Menurut Bapak H. Alakfi dari Padang, seorang peternak ikan gurami merah, harga ikan gurami merah yang masih kecil (seukuran jari telunjuk) bisa mencapai 20 ribu rupiah per ekornya. Untuk yang berukuran sedang harganya 100 ribu hingga 150 ribu, dan untuk yang berukuran besar bisa mencapai 400 ratus ribu per ekornya.

Perawatan Ikan gurami merah

Perawatan ikan gurami merah juga tidak jauh berbeda dengan ikan gurami biasa yang sangat mudah dan relatif tahan terhadap penyakit. Untuk urusan makan-pun, ikan gurami merah ini bisa digolongkan kedalam kelompok “omnivora” yakni bisa memakan apa saja. Namun pada umumnya ikan gurami merah biasa diberi makan daun talas. Menurut H. Alakfi yang awalnya memelihara ikan gurami merah sebagai hobby karena tertarik dengan warna merahnya, sebaiknya itu eceng gondok juga bermanfaat sebagai pembersih air karena sifat akarnya yang bisa menyerap kotoran dalam air kolam.

Membedakan Ikan gurami merah Betina dan Jantan

Untuk membedakan ikan gurami merah betina dan jantan tidaklah sulit, karena bisa dibedakan dengan melihat pada tampilan fisiknya. Ikan gurami merah jantan memiliki ciri kepala nonong dan mulutnya mancung, sedang untuk ikan gurami merah betina memiliki kepala dan mulut yang tidak begitu menonjol atau “nonong”.

Persiapan Kolam Ikan gurami merah

Berdasar pengalaman H. Alakfi kolam berukuran 1,5 x 3 m dengan kedalaman air sekitar 70 cm bisa menampung 100 ekor ikan gurami merah berukuran kecil. Sebelum diisi ikan, sebaiknya air kolam didiamkan sehari semalam dengan diberikan daun talas dan atau eceng gondok. Hal ini bertujuan untuk membuat air kolam mendekati air habitat alami tempat ikan gurami merah hidup, sehingga bisa mempercepat proses adaptasi ikan gurami merah pada kolam atau habitat barunya. Sortir atau seleksi bisa dilakukan setelah dua bulan, yakni dengan memindahkan ikan gurami merah yang kurang sehat. H. Alakfi sendiri biasa memindahkan separuh dari ikan gurami merah ke kolam lain setelah berusia 5 bulan, hal ini bertujuan untuk mengoptimalkan pertumbuhan ikan gurami merah. Jika terlalu padat populasi ikannya maka ikan gurami merah akan sulit untuk tumbuh dengan baik.

Perhitungan Bisnis Ikan gurami merah

Untuk memulai bisnis ikan gurami merah, terlebih dahulu harus dipersiapkan kolam pemeliharaan. Untuk kolam ukuran 1,5 x 3 x 1 m diperlukan biaya +- 1 juta hingga 1,5 juta. Untuk modal pembelian bibit cukup dengan +-Rp. 750 ribu untuk membeli 250 bibit ukuran kecil. Untuk biaya pakan pembelian pelet berdasarkan pengalaman H. Alakfi dibutuhkan +- Rp. 320 ribu dari mulai penebaran bibit hingga siap panen (usia 6 bulan). Dengan toleransi tingkat kematian 10% bisa dibayangkan berapa keuntungan yang bisa diraih dengan harga yang bisa mencapai 300 ribu per kilo-nya.

Baca juga :

Tips Memulai Usaha

Manisnya Usaha Budidaya Ikan Cupang

Home Artikel Wirausaha

tags: , , , , , ,

Related For ikan gurami merah

Comment For ikan gurami merah