soto surabaya

masakan soto

Home » Cerita Wirausaha » soto surabaya

soto surabaya

Saturday, September 17th 2011. | Cerita Wirausaha

Berbisnis Kuliner Tradisional, Soto Surabaya

Oleh Alam Syah

Masih tentang kuliner tradisional yang selain lezat, sehat ternyata juga memiliki potensi bisnis menguntungkan jika ditekuni dan diseriusi. Kali ini kita akan coba menyimak kisah sukses 2 orang yang berhasil merasakan manfaat dan lezatnya bisnis kuliner tradisional, Soto Surabaya. Sesuai namanya, Soto Surabaya merupakan masakan khas dari kota pahlawan tersebut. Masakan yang bernama soto namanya sudah tidak asing lagi di telinga kita, rasanya-pun cukup akrab di lidah kita. Karena memang masakan yang bernama soto ini banyak ditawarkan dan dijual di warung-warung di sekitar kita. Dan tak jarang menjadi pilihan untuk mengisi perut. Lalu bagaimana dengan Soto Surabaya ? Dikenal dengan nama Soto Surabaya karena biasanya orang yang berjualan soto ini berasal dari Surabaya. Hingga akhirnya sebutan itu nama dan brand sebuah produk, Soto Surabaya

soto

soto

Banyaknya penjual Soto Surabaya kadang membuat kita lupa bahwa ternyata bisnis yang satu ini mampu memberikan keuntungan yang lumayan. Ditambah lagi dengan harganya yang cukup terjangkau sekitar 6 sampai 9 ribu atau rata-rata 8 ribu rupiah per porsinya membuat kita seringkali tak menyangka apalagi berfikir bahwa keuntungan yang dihasilkan dari berjualan Soto Surabaya cukup lumayan. Setidaknya itulah yang telah dinikmati oleh Heli Afiantara dan Hendro. Heli Afiantara yang mengelola warung Soto Surabaya miliknya di kawasan Pondok Gede, Bekasi mengaku mampu menjual 30 – 40 porsi Soto Surabaya pada hari-hari biasa dan bisa mencapai 70 porsi untuk hari libur. Hampir sama dengan Hendro yang juga mengaku menjual 40 porsi pada hari-hari biasa dan 70 porsi pada hari libur. Dengan harga 8 ribu rupiah, kedua pe wirausaha ini mengaku mampu meraup omset hingga 10 juta rupiah per bulannya. Dengan tingkat keuntungan +- 40 % bisa kita hitung berapa laba yang bisa diraih Heli maupun Hendro hanya dari satu warung Soto Surabaya. Tidak menutup kemungkinan mereka akan mampu membuka cabang-cabang warung Soto Surabaya berikutnya karena usaha Soto Surabaya milik mereka masih tergolong baru. Seperti Heli yang menuturkan baru +- 1 tahun menjalankan usaha Soto Surabaya miliknya namun diterima konsumen dengan baik.

Tidak jauh berbeda dengan Nirwana pemiliki warung Sop Konro khas Makassar, Heli dan Hendro memberikan tips dalam ber wirausaha di bidang kuliner tradisional. Menurut keduanya kunci keberhasilan usaha kuliner tradisional adalah kemampuan dalam menjaga rasa dan cita rasa khas dari masakan tradisional tersebut. Selain itu, heli pemilik warung Soto Surabaya juga menambahkan agar selalu menjaga hygienitas masakan, kebersihan tempat dan kenyamanan konsumen.

Bagaimana Anda tertarik untuk ber wirausaha di bidang kuliner tradisional ? Selamat ber wirausaha dan sukses.[adsense]

Baca juga :

Tips Memulai Wirausaha

Hidup Nyaman Berkat Mie Ayam

Sop Konro Khas Makassar

Home Artikel Wirausaha

tags: , , , , ,

Related For soto surabaya

Comment For soto surabaya

                       

              free counters